Apel Pagi Virtual dan Pabicara Manajemen Perubahan.

 pabbicara utari

Makassar--Kepala Bidang HAM Utary Sukmawati, pimpin apel pagi pegawai Kantor Wilayah secara virtual, Kamis(03/06).

Utary mengatakan bahwa ditahun 2020 bidang HAM telah menerima pelaporan dari 24 Kabupaten kota terkait pelaksanaan Rencana aksi nasional HAM, selain itu pada tahun yang sama kegiatan Kabupaten Kota Peduli HAM, dari 24 Kabupaten Kota, 14 diantaranya mendapatkan predikat peduli, dan 7 mendapatkan predikat cukup peduli.

"Semoga ditahun 2021 ini, jumlah kabupaten kota peduli ham mengalami peningkatan" ujar Utary.

Tarja B06 bidang HAM terkait dengan pelaporan SIPKUMHAM (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM). aplikasi SIPKUMHAM ini dibuat oleh balitbang untuk menghimpun berita dari media sosial dan media online pada 3 area yakni Hukum, HAM, dan Pelayanan Publik.

Selanjutnya pada sesi Pabicara oleh Tim Pokja Pembangunan ZI pada area perubahan Manajemen Perubahan oleh Daniel Orlando. Dalam paparannya, Daniel menyampaikan bahwa Manajemen Perubahan mengikuti ketentuan Permenpan RB no 10 tahun 2019 yang bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja individu pada unit kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan ZI.

Daniel mengapresiasi bahwa Kanwil Sulsel telah menjalankan Manajemen Perubahan yang dimulai dari keterlibatan pimpinan sebagai role model dan keterlibatan seluruh pegawai untuk mengubah pola pikir dan mengubah sikap individu dalam bekerja.

“Saya apresiasi kepada seluruh pimpinan mulai dari Kakanwil, Kadiv, Kabag, dan Kasubag yang selalu menjadi pembina apel. Kami selalu mengikuti arahan dari pimpinan untuk kelancaran dalam bertugas.” kata Daniel.

Kanwil Sulsel dalam tahun ini telah mengadakan kegiatan pembangunan budaya kerja dan pola pikir melalui kegiatan : Workshop Bimtek Kehumasan untuk menambah pemahaman kehumasan dan informasi media, dan Workshop Hukuman Disiplin untuk memahami sanksi administrasi sesuai jenis pelanggaran yang dilakukan pegawai. Tidak hanya itu, seluruh pegawai sulsel telah mengikuti beragam kegiatan mulai dari Penandatanganan Pakta Integritas, Penerapan Tata Nilai PASTI, Apel Pagi dan Apel Sore, Olahraga Bersama, Kegiatan Rohani, Coffee Morning, dan membuat laporan hasil kegiatan.

Daniel kembali ingatkan kepada seluruh pegawai agar mulai mengubah pola pikir dan perilaku dalam bekerja sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Inspektur Jendral Kemenkumham RI, Razilu.

“Kepada seluruh pegawai agar mengubah perilaku kita dalam bekerja sesuai dengan 7 (tujuh) karakter pribadi Agung untuk mewujudkan keagungan organisasi : bekerja dan berkarya, kita selalu diawasi oleh Tuhan, semangat belajar tiada akhir, hidup sederhana, mengeliminasi keserakahan terhadap kekuasaan dan harta, merespon keberhasilan dengan syukur, dan menyikapi kegagalan dengan berpikir positif dan mencari solusi tepat” pesan Daniel.


Cetak   E-mail