Pentingnya Penguatan Akuntabilitas Kinerja

 

Makassar – Disela - sela pelaksanaan Apel Pagi dilaksanakan kegiatan Pabicara yang membahas Penguatan Akuntabilitas Kinerja. Kamis (27/05).

Staf Pelaksana Program Ismail Shaleh Ruslin menjelaskan bahwa dalam area perunbahan ini, terdapat dua indikator utama yakni keterlibatan pimpinan dan akuntabilitas kinerja. dimana terdapat tiga poin utama dalam keterlibatan pimpinan, yakni penyusunan kinerja dan anggaran, penetapan kinerja, dan melakukan evaluasi pelaksana anggaran.

Ketelibatan pimpinan sangat penting dalam kegiatan tersebut karena pemimpinlah yang menentukan arah organisasi. “Pimpinan harus dapat menentukan arah kemana organisasi ini akan diarahkan. Oleh karenanya, pemimpin harus telibat dalam penyusunan kinerja dan anggaran, penetapan kinerja, dan melakukan evaluasi pelaksana anggaran,” kata Ismail.

Ismail menambahkan bahwa Kanwil Sulsel menganggap perlu keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kanwil guna mencapai tujuan organisasi secara rasional.

“Kanwil Sulsel sebagai salah satu organisasi publik tentunya melaksanakan kegiatan administrasi dalam pelaksnaan tugas dan fungsinya, baik di administrasi maupun divisi teknis lainnya karena administrasi secara menyeluruh adalah keseluruhan proses dalam mencapai tujuan organisasi secara rasional,” tambah Ismail.

Jika administrasi terdapat penyelewengan, maka itu menunjukan bahwa terdapat masalah maladminsitrasi. Oleh karenanya, kegiatan administrasi di Kanwil Sulsel harus dilaksanakan secara menyeluruh dan rasional.

Lebih lanjut Ismail mengungkapkan bahwa kepemimpinan penting dalam mengambil keputusan karena menyangkut sikap kebijakan dalam organisasi.

“Karena kebijakan baik demand maupun support adalah pemimpin organisasi yang memberikan sikap terkait kebiajakan yang ada, seperti kebijakan penyusunan anggaran, kebijakan penetapan kinerja, maupun evaluasi pelaksanaan anggaran. Oleh karenannya, keterlibatan pimpinan memberikan dampak yang sangat besar dalam pelaksanaan pembangunan ZI menuju WBBM di Kanwil Sulsel. “ ujar Ismail.

Turut hadir dalam apel pagi ini Kepala Kantor Wilayah Harun Sulianto, Kepala Divisi Imigrasi sekaligus pembina apel pagi Dodi Karnida, Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Pejabat Struktural Kantor Wilayah, dan seluruh pegawai kantor wilayah.


Cetak   E-mail