Kalapas Makassar Garap Proyek Preubahan Peningkatan Kemandirian Narapidana

pim2 kalapas

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makssar, Robianto memaparkan proyek perubahan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpanan Tingkat II pada seminar yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Jumast (25/09/2020). Pada seminar ini, Kepala Lapas Makassar menggarap proyek perubahan terkait strategi meningkatkan kemandirian narapidana pada Lapas Kelas I Makassar sebagai upaya mempersiapkan narapidana untuk kembali hidup normal setelah menjalani masa pidana.

“Bagi organisasi, manfaat adanya proyek perubahan ini adalah untuk Mempertegas eksistensi tugas dan fungsi Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar sebagai tempat Pembinaan, khususnya dalam hal Pembinaan Kemandirian, Meningkatkan kinerja organisasi yang berkaitan dengan Pembinaan Kemandirian guna memberikan bekal keterampilan dan penghasilan bagi Narapidana, dan Meminimalisir risiko terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” Ungkap Robianto dalam paparannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah, Harun Sulianto selaku Mentor mendukung upaya untuk meningkatkan strategi kemandirian bagi Narapidana di Lapas Makassar sebagai upaya mempersiapkan Narapidana untuk kembali hidup normal kembali ke masyarakat.

Kemudian, Sally Salama selaku Penguji menyampaikan agar dalam pembinaan kemandirian ini dapat melibatkan pihak atau stekholder eksternal terkait. “Untuk rencana dan stategi marketingnnya, Harapannya agar di desain sedetail mungkin agar lebih menjadi proyek perubahan unggulan di Sulsel ataupun nasional,” Ungkapnya.

“Peran Kemenkumham sangat besar dalam mengukung produk-produk yang dihasilkan oleoleh Narapidanba dari hasil pembinaan tersebut sehingga nantinya akan dipasarkan atau dipublikasikan melalui kerjasama yang baik dengan swasta maupun instansi pemerintah lainnya," Lanjut Sally.


Cetak   E-mail