Napi Rindu Keluarga, Yankomas Lapas Perempuan Sungguminasa memberikan solusinya

 

Gowa, 17 September 2020. Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat atau yang sering disebut Yankomas LPP Sungguminasa membuat suatu terobosan yang sangat bermanfaat bagi pelayanan masyarakat di masa pandemi covid-19 ini. Dengan tujuan ingin memberikan pemenuhan Hak Asasi Manusia terhadap Narapidana yaitu dengan memberikan kesempatan Narapidana dan Keluarganya untuk dapat bertemu. Yankomas LPP Sungguminasa berperan sebagai Sarana Penghubung Masyarakat dengan Narapidana LPP Sungguminasa. Sehubungan dengan Penutupan Layanan Kunjungan sejak 5 Bulan yang lalu atau sejak LPP Sungguminasa terkena dampak covid-19. Hal tersebut yang menjadi dasar bagi Yankomas LPP Sungguminasa untuk membuat terobosan ini.

“Alhamdulillah Yankomas LPP Sungguminasa telah membantu Masyarakat dan Narapidana untuk tetap saling terhubung walaupun hanya melalui jendela, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pastinya. Semua ini demi mewujudkan Lapas Perempuan Sungguminasa memberikan pelayanan publik secara prima menuju Pemenuhan WBK dan WBBM” ucap Pak Hartono,SH selaku Ketua Yankomas LPP Sungguminasa.

Yah benar, layanan yang dikemukakan Yankomas LPP Sungguminasa adalah layanan kunjungan narapidana secara langsung. Namun, tetap dibatasi oleh jendela sebagai penghalang penyebaran covid-19 antara masyarakat dan narapidana. Jendela pembatas narapidana dan masyarakat tersebut rutin di semprot disinfektan setiap pergantian penjenguk dan narapidana. Narapidana sangatlah terbantu dengan adanya layanan kunjungan melalui jendela ini. Narapidana terlihat sangat senang melepas rindu bertemu dengan keluarganya. Inilah tujuan dari Ketua Yankomas LPP Sungguminasa yaitu menghubungkan masyarakat dengan narapidana dimasa pandemi covid-19 ini.

Namun, menurut Ketua Yankomas LPP Sungguminasa yang menjabat sebagai Plt. Kasi Kamtib. Seluruh kegiatan ini terwujud karena kewenangan dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Sungguminasa itu sendiri yang sangat peduli dengan narapidana nya. Hal ini juga yang membuat teman – teman petugas LPP Sungguminasa menjadi sangat antusias dengan layanan kunjungan di balik jendela ini.


Cetak   E-mail