Pembinaan Mental Kerohanian Kerjasama dengan Kemenag

PANGKEP - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pangkajene, menyelenggarakan Pembinaan Mental serta pembinaan Rohani kepada Narapidana yang beragama Islam, berlangsung di Masjid Baitut Taubah Rutan Kelas IIB Pangkajene, Senin (01/07/2019).

Materi pengajian dibawakan oleh ustadz Muh. Ridwan, S.pd dan ustadzah Nur Hasanah, tenaga pengajar pada Kantor Kemenag Kabupaten Pangkep. Nurhasanah menjelaskan, bahwa setiap manusia menurut Islam, dilahirkan dengan membawa fitrah yaitu berbagai kemampuan potensial bawaan dan kecenderungan sebagai Muslim/orang yang berserah diri kepada Allah SWT.

"Namun, dalam perjalanan hidupnya, manusia tidak jarang juga di perhadapkan dengan berbagai godaan yang membawa manusia kepada kemaksiatan dan kejahatan. Perbuatan-perbuatan inilah yang seringkali menjerumuskan para pelakunya ke meja hijau dan akhirnya ke penjara," ujarnya.

Pembinaan mental bagi napi yang dilakukan atas kerja sama Kepala Rutan Kelas IIB Pangkajene, Ashari, A.Md, IP, SH, M.Si. dengan Kemenag Kabupaten Pangkep ini diharapkan, akan membawa perubahan perilaku bagi para napi yang sementara menjalani masa hukuman. Ke depan, harapannya setelah keluar dari sini, mereka akan menjadi manusia yang bertaqwa serta berpegang pada Alquran dan al hadis.

Menurut Ashari, tidak semua narapidana adalah orang-orang yang jahat atau yang sengaja berbuat kejahatan. "Mungkin di antara mereka merupakan orang-orang yang sedang tersesat atau sedang rapuh batinnya," ujar Ashari.

 

Kontributor   : Rutan Pangkep


Cetak   E-mail