Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Melangkah Maju Tingkatkan Pelayanan Informasi dan Pengaduan

 

Melangkah Maju Tingkatkan Pelayanan Informasi dan Pengaduan

Makassar. Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Indah Rahayuningsih, Rabu (26/6) dalam keterangannya mengatakan, pihaknya baru – baru ini mengutus dua orang personil humas untuk mengikuti kegiatan Konsinyering Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang digelar di Hotel Crowne Plaza Bandung dari tanggal 19 – 21 Juni 2024.

“Kita sengaja mengutus bagian humas untuk dapat menimba ilmu agar dapat meningkatkan dan memperbaiki pelayanan informasi dan pengaduan yang ada di Kanwil Sulsel. Mereka yang kami kirim memang petugas yang memberikan layanan informasi dan pengaduan,” terang Indah

Menurut Indah, dari hasil sharing knowledge yang didapatkan oleh personal humas yang mdngikuti kegiatan nantinya akan diimplementasikan dalam pelaksanaan pelayanan informasi dan pengaduan di Kanwil Sulsel.
Hal ini sejalan dengan keinginan Kakanwil Liberti Sitinjak untuk melangkah maju memaksimalkan pelayanan informasi dan kanal – kanal pengaduan di Kantor baru Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Adapun kegiatan dimaksud dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama, Hantor Situmorang. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk penyusunan perubahan atas Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-01.IN.01.03 Tahun 2010 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemenkumham, Pembaruan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengelolaan PPID, serta pembinaan dan pelatihan admin LAPOR!.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan PPID dan LAPOR! di lingkungan Kemenkumham, sehingga informasi publik dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh Masyarakat," jelas Hantor Situmorang.

Hantor menambahkan diperlukan keterbukaan informasi publik sebagai alat untuk meningkatkan pengawasan publik terhadap pelaksanaan tugas – tugas kita semua.

Keterbukaan Informasi Publik memungkinkan masyarakat untuk memperoleh informasi dan ikut serta dalam pengambilan kebijakan.

Selanjutnya, dikatakan oleh Hantor, dengan hadirnya plikasi Lapor! diharapkan dapat menjadi wadah instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menumbuhkan kepercayaan public, yakni melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan, petugas yang kompeten dalam memberikan pelayanan, pelayanan yang diberikan harus mengacu pada dasar hukum pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan maklumat pelayanan dan informasi yang disampaikan jelas dan akurat.

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SULAWESI SELATAN
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Sultan Alauddin No 191A, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, 90221
PikPng.com phone icon png 604605   +682196735747
    Email Kehumasan
    kanwilsulsel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kemenkumham.sulawesiselatan@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SULAWESI SELATAN


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Sultan Alauddin No 191A, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Rappocini - Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
PikPng.com phone icon png 604605   082196735747
PikPng.com email png 581646   kanwilsulsel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kemenkumham.sulawesiselatan@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI