Kakanwil Sulsel Tanam Cabai di LP Maros

Makassar(3/4/2017). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Sahabuddin Kilkoda melakukan penandatanganan adendum perjanjian kerjasama dengan perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, di LPKA Maros, Senin(3/4).

kakanwil tanam cabai di maros

Penandatanganan ini terkait dengan Penanaman Cabai dilahan 2 (dua) hektar yang telah disiapkan oleh LPKA Maros dan dirangkaikan dengan penyerahan program bantuan sosial Bank Indonesia(PSBI), bantuan semen dari PT. Semen Bosowa  serta pembukaan Sekolah Lapang Good Agriculture Practices (SL-GAP).

Kakanwil Sulsel dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lapas/Rutan yang ada di Sulawesi Selatan memiliki Sumber  Daya Manusia yang sangat banyak dan siap menerima pembinaan untuk meningkatkan keterampilannya.

kakanwil tanam cabai di maros1

Tapi semua itu akan sia-sia karena Kanwil Sulsel memilki keterbatasan anggaran, jadi tanpa bantuan dari teman – teman sekalian, kami tidak berdaya untuk meningkatkan potensi SDM yang sangat banyak ini.

kakanwil tanam cabai di maros2

“Potensi SDM yang dimilki pemasyarakatan melimpah khususnya di Warga Binaan, melalui bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak maka potensi itu akan dapat tersalurkan,” ungkap Kakanwil

kakanwil tanam cabai di maros3

“Dengan adanya bantuan dari berbagai pihak membuat kami terus berupaya meningkatkan pembinaan WBP,” lanjutnya

kakanwil tanam cabai di maros4

Selanjutnya Kakanwil mengungkapkan  rasa terima kasihnya kepada pihak Bank Indonesia yang telah memberikan bantuan pelatihan SL-GAP, kepada Semen BOSOWA yang telah memberikan bantuan 150 sak semen dan dari Dinas Pertanian yang telah menyediakan bibit cabai serta dari pihak lainnya yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini.

kakanwil tanam cabai di maros5

Sementara itu, Wiwik Sisto Widayat selaku Direktur BI perwakilan Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa  BI dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan selalu konsen dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sulsel dan juga melakukan upaya – upaya penekanan/stabilisasi terhadap inflasi yang ada di Sulsel

kakanwil tanam cabai di maros6

“Kita selalu memastikan bahwa pasokan komoditi yang dibutuhkan masyarakat tersedia di pasar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai upaya untuk stabilisasi inflasi di Sulsel,” ungkapnya

kakanwil tanam cabai di maros7

Salah satu upaya yang dilakukan oleh BI yaitu dengan melakukan kerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Sulsel  melalui budidaya cabai yang merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi.

Ini merupakan tindak lanjut dari MoU Kemenkumham RI dengan Gubernur  BI yang dilaksanakan beberapa bulan lalu di Jakarta.

“ Tindak lanjut dari MoU tersebut dengan ditandatanganinya kerja sama antara perwakilan BI Sulawesi Selatan dengan Kanwil Sulsel pada tahun lalu,” ungkapnya.

Selanjutnya,  Kalapas Maros sebagai tempat pelaksanaan kegiatan  merasa beruntung karena lembaganya menjadi yang kedua yang menerima bantuan dari BI. untuk itu, ia berterima kasih kepada Pimpinan BI perwakilan Sulawesi Selatan, Dinas Pertanian, Pimpinan PT. Semen BOSOWA  dan seluruh elemen terkait.  “ Segala bantuan ini akan kami pergunakan untuk pengembangan pembinaan WBP yang ada di Maros,” terangnya.(Humas)


Cetak   E-mail