Karutan Makale Serahkan Miniatur Rumah Adat Tongkonan ke Staf Ahli Menkumham

karutan makale serahkan miniatur tongkonan 

Makale. Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Makale Luther Toding Patandung serahkan miniatur Rumah Adat Toraja (Tongkonan) Karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kepada staf ahli Menkumham Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto.

Acara disaksikan langsung Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto Kamis(23/09), usai Lucky memberikan penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berupa spirit dan motivasi jajaran Rutan makale.

Menurut Ka Rutan Luther, miniatur Rumah adat ini merupakan salah satu kerajinan tangan khas Toraja yang diukir dan dibentuk berdasarkan desain asli berbentuk menyerupai rumah adat Toraja.

Pengerjaan satu Miniatur Tongkonan ini dilakukan oleh 3 orang WBP Rutan Makale dan memerlukan waktu kurang lebih 1 bulan. "Kami juga telah memasarkan miniatur Tongkonan ini, secara online melalui media sosial Rutan Makale seperti Facebook dan Instagram juga bekerjasama dengan PT Canero Tinoring, “ kata Luther.

Selain miniatur rumah adat Toraja, ada juga kerajinan jam dinding, sepu' dan tempat tisu. Keuntungan dari hasil penjualan kerajinan ini disetorkan ke kas negara sebagai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak ).

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengapresiasi kualitas karya WBP Rutan Makale. Ini menjadi bukti bahwa pembinaan yang dilakukan telah berjalan dengan baik. Harun juga mengapresiasi kebersihan di dalam Rutan, padahal Rutan tersebut dibangun tahun 1920.


Cetak   E-mail