Cegah Narkoba Masuk, Rutan Makassar Dijaga Anjing Pelacak

k9 bnnp 

Makassar. Dalam mencegah masuknya barang terlarang khususnya narkotika ke dalam Rutan, Petugas Rumah Tahanan Negara Kelas I Makassar gandeng Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan datangkan dua ekor anjing pelacak narkotika dari unit K-9 BBNP Sulsel.

Karutan Makassar, Sulistyadi mengatakan penggunaan unit K-9 sebagai upaya pencegahan dini dan program bersama dengan BNNP Sulsel.

"Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi resiko dalam mencegah peredaran dan masuknya Narkoba di Rutan. Kami gandeng BNNP Sulsel agar menghadirkan anjing pelacak di Rutan," ujar Karutan Jumat (14/05).

Utamanya, pada hari lebaran saat ini, dengan adanya peningkatan drastis terhadap penitipan barang.

"Pada saat hari lebaran, jumlah titipan meningkat drastis dibanding hari biasa. Untuk itu pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan. Rencananya Anjing pelacak ini dijadwalkan tiga hari berada di Rutan," kata Sulistyadi.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel Agustinus Sollu mengatakan bahwa langkah ini merupakan langkah preventif atau penceghahan yang dilakukan oleh BNNP Sulsel dengan Rutan Makassar.

Hadirnya Anjing Pelacak ini diapresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Menurutnya, ini adalah salah satu bukti sinergi  kerjasama yang baik dengan BNNP Sulsel dalam pencegahan peredaran gelap Narkotika di Rutan.


Cetak   E-mail