Tim Penguji Rakor Kemenkumham Apresiasi Strategi dan Capaian Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel

 puji kanwil sulsel

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto bersama Jajaran Kepala Divisi mengikuti Evaluasi Capaian Kinerja Kantor Wilayah pada Tahun 2020 dan strategi Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel pada Tahun 2021 yang merupakan rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020 dan Action Plan Target Kinerja Tahun 2021, Selasa (24/11/2020).

Capaian Kinerja Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel selama tahun 2020 mendapat apresiasi dari tim evaluator Rakor. Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Ir. Razilu selaku salah satu penguji dalam evaluasi Ini sekaligus juga sebagai pemandu jalannya kegiatan.

“Kinerja Kakanwil dan Jajarannya patut diapresiasi. Walaupun kita hanya melihat melalui daring dan ditampilkan melalui pemaparan video capaian selama lima menit dan paparan juga selama lima menit, Kanwil Sulsel selama ini memang mampu memperlihatkan kinerja yang luar biasa,” Kata Razilu.

Senada dengan itu, Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi, Milton Hasibuan juga mengapresiasi kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel. Namun demikian, ia meminta agar seluruh Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel di Tahun 2021 dapat diusulkan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Ia juga mengatakan agar komitmen terhadap janji kinerja jajaran pegawai Kemenkumham dan dilaksanakan, bukan hanya sekedar janji.

Kemudian, Staf Khusus Bidang Hubungan Luar Negeri, Linggawati Hakim mengatakan agar capaian kinerja Kanwil Sulsel dapat lebih memperlihatkan terkait langkah-langkah penanganan Covid-19. Misalnya menampilkan penyerahan bantuan APD oleh Palang Merah Internasional (ICRC) karena itu melalui assessment yang ketat oleh mereka.

Terakhir, pada Kepala Pusdatin Setjen Kemenkumham, Herman Siregar mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Sulsel telah menciptakan Inovasi yang dapat ditiru oleh Kanwil lainnya. “Harapannya kedepan agar dalam pelaksanaan kinerja Kanwil Kemenkumham dapat mengimplementasikan Teknologi Informasi yang massif,” Ungkapnya.

Sebelumnya, Kakanwil dalam evaluasi ini menyampaikan terkait Capaian Kinerjanya yakni kolaborasi dan sinergitas dengan gubernur Sulsel dalam penanganan Covid-19 sehingga Gubernur Sulsel memperoleh penghargaan dari Menkumham, Penghargaan sebagai Kanwil berprestasi dalam kinerja Kekayaan Intelektual dari Dirjen KI, penghargaan Menkumham karena membina UPT menerapkan pelayanan publik berbasis HAM, penghargaan peringkat pertama IKPA terbaik se-Kantor Wilayah Kemenkumham, penghargaan Menkumham karena sebagian besar Kab/Kota peduli HAM pada tahun 2019 yakni 14 Kab/Kota, capaian PNBP Kekayaan Intelektual yang mencapai 1.115.350.000, dan 4 UPT Kanwil Sulsel telah memperoleh predikat WBK dan tahun 2020 ini telah diusulkan sebanyak 19 UPT yang saat ini dalam proses penilaian oleh TPN.

puji kanwil sulsel1

diminta untuk menyampaikan terkait Quick Win atau Program Percepatan Kanwil Kemenkumaham Sulsel pada semua divisi. “Kami akan melakukan pelatihan dan peningkatan keterampilan dan pengembangan SDM di semua divisi. Misalnya terkait keterampilan keuangan, kehumasan, keamanan dan ketertiban, kemampuan intelijen keimigrasian, dan kemampuan pada pelayanan hukum,” kata Harun.


Cetak   E-mail