Meningkatkan Kompetensi dan Pengawasan Notaris melalui Hasil Penelitian

Makassar. Presentasi Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbang Hukum dan HAM) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Muslim Indonesia dilaksanakan untuk mendapatkan masukan dan rekomendasi terhadap peningkatan kompetensi notaris. Demikian disampaikan oleh Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Asep Kurnia pada kegiatan presentasi draf laporan akhir penelitian Rekontruksi Yuridis dan Restrukturisasi Ekspektasi Publik Terhadap Pendidikan dan Kompetensi Profesi Notaris di Rektorat Kampus UMI, Kamis (07/11/2019).

Lebih lanjut disampaikan, Rekomendasi yang dikeluarkan nantinya dalam bentuk policy breaf dan policy paper yang akan diteruskan ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Priyadi menyampaikan bahwa kolaborasi dengan perguruan tinggi maupun instansi lainnya sangat diperlukan dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) Kementerian Hukum dan HAM. Bahkan saat ini Kanwil Sulsel telah melakukan kerjasama dengan Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sulawesi Selatan dan sedang membangun proses perubahan dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan dan kompetensi notaris.

Kakanwil juga berharap langkah-langkah yang telah diambil tune- in dengan hasil penelitian yang dilakukan Balitbang dalam rangka mendorong adanya perubahan kebijakan terkait kenotariatan.(Humas)

Cetak