Petugas Lapas Narkotika Sungguminasa Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

 

Sungguminasa-Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Sungguminasa menjalani Vaksinasi Tahap Pertama Coronavirus Disease atau Covid-19, Jumat (26/03/2021). Kegiatan ini bekerjama sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa.

Kegiatan Vaksinasi dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa Yusran Sa'ad dan diikuti seluruh Jajaran Pejabat Struktural, Staf JFT/JFU serta Petugas Pengamanan Lapas. Bertempat di selasar kunjungan, vaksinasi ini dimulai pukul 10.00-12.00 dan dilanjutkan setelah pelaksanaan shalat Jumat.

Menurut Yusran, kegiatan Vaksinasi diikuti oleh seluruh Petugas Lapas Narkotika yang berjumlah 132 orang. Hal ini juga mengacu pada kuota yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa.

Lebih lanjut Yusran juga mengungkapkan, untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berjumlah 1150 orang, akan dikoordinasikan kepada Dinas Kesehatan untuk mendapatkan Vaksinasi Covid-19.

Yusran Sa'ad mengatakan bahwa upaya Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa untuk mencegah penyebaran Covid-19 telah dimulai sejak awal Pandemik berlangsung. "Untuk penerapan protokol kesehatan tentunya kita lakukan sejak awal adanya Covid-19. Juga termasuk kegiatan kunjungan yang merupakan kebijakan dari pusat yaitu untuk UPT seluruh Indonesia saat ini belum menerima kunjungan, namun kita masih membuka akses bagi keluarga yang ingin menitipkan makanan," terang Yusran.

Senada dengan Kalapas, dr. Gaffar, Kabid Pencegahan dan Penularan Penyakit (P2P) Dinkes Kab. Gowa mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan respon cepat dari Pemerintah Kab. Gowa yang bertanggungjawab menyelesaikan semua sasaran Vaksinasi. "Termasuk petugas Lapas Narkotika Sungguminasa, harapannya 132 Petugas seperti yang disampaikan oleh Kalapas, akan tetapi yang mendaftar hanya 88 orang, dengan rincian 35 orang tertunda vaksin, 53 orang yang akan lanjut vaksin kedua, yang akan dilaksanakan 22 April mendatang," terang dr. Gaffar.

Sebelum divaksin, seluruh peserta diarahkan untuk melakukan registrasi, dilanjutkan screening berupa pengecekan suhu badan dan tekanan darah serta interviu riwayat kesehatan oleh Petugas Medis dari Dinkes Kab. Gowa. Setelah dinyatakan sehat dan memenuhi kriteria untuk divaksin, peserta diarahkan ke Tim Vaksinator untuk dilakukan suntik Vaksin.

Mari mendukung kegiatan Vaksinasi Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus, tetap mematuhi Protokol Kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

 

Kontributor  :  Humas Lapastika

Cetak