Karutan Pinrang Jadi Narasumber dalam Internalisasi Pembangunan ZI BPN Kabupaten Pinrang

Internalisasi pembangunan ZI BPN Pinrang 

RUTAN PINRANG --- Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, Ali Imran didampingi perwakilan Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan Zona Integritas Rutan Pinrang, menghadiri Undangan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pinrang untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan internalisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang bertempat di Hotel M, Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Pinrang, Selasa (15/12).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BPN Kabupaten Pinrang, Asih Lestari yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pinrang, Andi Mirani.

Dalam sambutannya Asi Lestari mengucapkan terima kasih kepada pihak Rutan Pinrang yang berkenan hadir dalam acara internalisasi pembangunan ZI tersebut.

"Terima kasih kepada Kepala Rutan, karena berkenan hadir dalam acara kami, semoga kegiatan sharing knowledge ini bermanfaat bagi kami yang baru akan memulai pembangunan ZI WBK WBBM di tahun 2021." Ungkapnya.

Selesai itu, Karutan Pinrang kemudian mengawali paparannya dengan pemutaran Video Profil WBBM Rutan Pinrang, dilanjutkan paparan terkait giat-giat yang harus dilakukan Satuan Kerja dalam membangun Zona Integritas.

Dalam paparannya, Karutan Pinrang menyampaikan, pembangunan ZI merupakan kerja bersama, semua elemen dan stakeholder harus dilibatkan.

"Membangun Zona Integritas tidak akan jalan, jika hanya kemauan pimpinan, begitu pun sebaliknya, Pembangunan ZI tidak mungkin jalan kalau hanya kemauan bawahan. Semua harus memiliki pandangan yang sama, komitmen yang sama dan kemauan bersama, barulah Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM bisa terlaksana dengan baik." Terang Imran.

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan bahwa Pimpinan harus menjadi role model dalam pembangunan ZI.

"Selama berproses mulai dari pencanangan, pengusulan, penilaian sampai penetapan, Pimpinan itu berada di garda terdepan dan bertindak sebagai role model. Pimpinan harus tahu dan paham semua kerja-kerja Tim di enam Area Perubahan." Jelasnya.

Membangun Zona integitas berarti berani meninggalkan pola-pola lama, move on dari zona nyaman dan komit tidak akan melakukan tindak-tindakan yang berbau korupsi mulai dari tingkat bawahan sampai pimpinan. Hasilnya terukur dalam peningkatan kualitas layanan publik; aduan, keluhan, laporan sudah berkurang atau bahkan nihil lebih bagusnya, Sambungnya.

Kemudian Karutan Pinrang menutup paparannya dengan menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar menata niat dengan baik. Niatkanlah pembangunan ZI ini adalah ibadah semata-mata karena Allah SWT, insyaallah kita bisa lewati dengan ikhlas dan sukses.

"Membangun ZI tidak akan membuat kita miskin, tetapi inilah ladang pahala kita sebagai Aparatur Sipil Negara." Pungkas Imran.

Selesai paparan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan ditutup foto bersama.

Kontributor: Humas Rutan Pinrang


Cetak   E-mail