Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

Makassar – Ahad (4/5/2019). Malam ini tampak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) muslim dan petugas ramai memenuhi Masjid Nurul Iman Rutan Kelas I Makassar.

Tampak antusias warga binaan berbondong-bondong menuju masjid dengan tertib yang sebelumnya telah bersiap-siap di kamar sel sejak pukul 18.45 Wita sambil menunggu komando dari petugas untuk dikeluarkan setelah mendapatkan keterangan resmi dari Kementerian Agama terkait penentuan awal Ramadan 1440 H.

Setelah shalat Isya dilaksanakan, Rustan selaku Plh. Kepala Rutan Kelas I Makassar memberikan sambutan kepada seluruh jamaah yang hadir.

“Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia, terkhusus warga binaan, mari pergunakan waktu yang ada di dalam Rutan ini untuk benar-benar mendekatkan diri kepada Allah SWT., dengan berpuasa yang khusyuk. Semoga kita semua tergolong orang yang beruntung mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya.” Tutur Rustan.

Dalam kesempatan yang sama, Rustan menginformasikan bahwa pelaksananan shalat tarawih di masjid akan dijadwal menjadi tiga putaran.

“Mengingat jumlah penghuni yang overcrowded, pelaksanaan shalat tarawih akan digilir tiap blok setiap malamnya. Jadi kemungkinan akan dibagi dalam 3 putaran, sehingga semua bisa kebagian 10 malam tarawih. Seperti halnya malam ini, adalah warga binaan dari blok yang tergolong kecil. Yakni blok Andi Djemma, Pongtiku, Lamadukelleng, Emmy Saelan dan Syech Yusuf.” Ucap Rustan.

Rustan menegaskan bahwa pelaksanaan shalat tarawih tidak hanya dapat dilakukan di masjid.

“Jangan berkecil hati, jika tidak dapat berjamaah di masjid. Karena shalat tarawih juga dapat dilaksanakan secara berjamaah di masing-masing kamar dengan menunjuk pengajar Dirosa selaku imam shalat.” Ungkap Rustan.

Terakhir, Rustan menyampaikan amanah Kepala Rutan Kelas I Makassar, Mujiarto bahwa semua harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban terkhusus di bulan Ramadhan ini. Baik petugas, maupun warga binaan itu sendiri.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Rutan Makassar, Rosdiana Sabari beserta jajaran.

Kegiatan berlangsung aman, lancar dan tertib dengan pengawasan petugas piket tarawih yang dipimpin langsung Kepala Kesatuan Pengamanan, Ilham dan bekerjasama dengan petugas regu pengamanan malam.

Ketua Remaja Masjid Nurul Iman, H. Abdul Wahab mengatakan, program Ramadhan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Yakni di antaranya berupa acara buka puasa bersama di Masjid, tausiah menjelang tarawih, shalat tarawih berjamaah, pesantren kilat, lomba-lomba, dan penerimaan zakat fitrah, dan lainnya.

 

Kontributor   : Rutan I Makassar