Peringati Hari Pahlawan, Rutan Kelas I Makassar Gelar Lomba Baca Puisi Bagi Warga Binaan

MAKASSAR '- Lembaga Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar gelar "The Gathering of Heroes" dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2018.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak di Lapas dan Rutan seluruh Indonesia yang dipusatkan di Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (10/11/2018) kemarin.

Di Rutan Kelas I Makassar, bertempat di lapangan olahraga kegiatan ini dimeriahkan dengan diselenggarakannya perlombaan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) antar blok hunian.

lomba yang diikuti seperti membaca puisi, lomba vocal group dan lomba busana dengan tema kepahlawanan.

Menurut Kepala Rutan Kelas I Makassar, Mujiarto dalam rilisnya kgiatan ini selain untuk menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan, sekaligus juga dapat menanamkan menumpuk rasa Patriotisme cinta tanah air dan rasa penghormatan yang sebesar-besarnya kepada para pahlawan.

Kegiatan dimulai dengan penampilan warga binaan yaitu tarian "Alosi Ripolo Dua" yang dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan mulai dari Indonesia Raya, Bangun Pemuda Pemudi, Maju Tak Gentar.

Serta sorak-sorak bergembira dan Bagimu Negeri dinyanyikan bersama dengan suara lantang dan penuh semangat oleh seluruh warga binaan dan petugas.

Tak hanya sampai disitu, peringatan Hari Pahlawan di Rutan Kelas I Makassar ini juga semakin semarak dengan penampilan warga binaan blok perempuan, yakni blok H "Emmy Saelan" dalam drama kolosal perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan totalitas dan peralatan sederhana penampilan tersebut mampu menyentuh hati penonton, dapat membayangkan betapa semangatnya para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan memegang teguh prinsip harus merdeka.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Mujiarto mengucapkan terima kasih kepada seluruh partisipasi warga binaan dan kerja keras panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini.

"Peringatan Hari Pahlawan ini hendaknya kita jadikan sebagai momentum menggelorakan kembali semangat berbangsa dan bernegara dengan memperbaiki sikap dan perilaku agar kedepannya dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi," sebutnya.

Kegiatan ini juga sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagaimana Bung Karno dalam pidatonya mengatakan bahwa 'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.'

"Sudah saatnya kita mengingat menghargai dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih baik." Tutup Karutan sesaat setelah penyerahan hadiah pemenang lomba. (*)

 

Sumber   : http://makassar.tribunnews.com/2018/11/11/peringati-hari-pahlawan-warga-binaan-rutan-kelas-1-makassar-gelar-lomba-baca-puisi?page=1.

Cetak