Lebih Bebas, Napi Rutan Pangkep Ikut Lomba Azan Tilawatil Quran

Pangkep. Bulan suci Ramadan yang akan jatuh pada Kamis mendatang, juga dijadikan momentum bagi jajaran pembina di Rutan Kelas II B Bungoro, Pangkep, untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan warga binaan di Rutan Pangkep yang kini jumlahnya sudah mencapai 265 orang.

Kepala Rutan, Ashari mengatakan, bahwa tidak seperti hari lainnya, di bulan suci Ramadan, warga binaan dapat melaksanakan salat tarawih berjemaah dan mendengarkan ceramah sebagaimana dilaksanakan umat muslim di luar rutan.

Tidak hanya itu, akan ada rangkaian pekan tilawatil Quran dan beberapa lomba untuk menyemarakkan ibadah di bulan yang penuh berkah nanti.

"Kami sudah rapatkan dan putuskan terkait kegiatan di Rutan selama Ramadan nanti. Nanti warga binaan akan sedikit dapat kebebasan, khususnya untuk melaksanakan salat tarawih berjemaah selama bulan Ramadan 2018, selain itu akan ada beberapa lomba, menyemarakkan bulan Ramadan," ujar Ashari.

Dijelaskan Ashari, hanya saja masjid yang digunakan salat tarawih terbatas pada masjid yang ada di dalam Rutan. Apalagi jadwal amaliah Ramadan pun telah disusun, yang juga menghadirkan penceramah dari luar rutan.

Selain amaliah Ramadan, seperti salat tarawih, di dalam rutan juga akan diadakan pekan tilawatil Quran, lomba azan, dan hafalan Quran.

"Terkait hal ini kita akan tingkatkan pengamanan, karena biasanya bila malam tiba, warga binaan sudah masuk dalam sel. Namun, saat Ramadan nanti, mereka diperbolehkan keluar malam untuk salat tarawih bersama di masjid," ungkap Ashari.

"Terlebih dengan adanya kejadian di Surabaya, kita semakin tingkatkan pengamanan, khususnya terkait hal-hal yang mencurigakan. Untungnya di sini tidak ada napi teroris," tambahnya.

Sumber : http://news.rakyatku.com/read/101336/2018/05/15/lebih-bebas-napi-rutan-pangkep-ikut-lomba-azan-tilawatil-quran

 


Cetak   E-mail