Lapas Pangkep Programkan Khatam Al Qur’an di Ramadan

PANGKEP — Semarakkan bulan suci Ramadan 1439 hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), memprogramkan khatam Al Quran dan pekan islami bagi warga binaannya. Jumlah anak didik di Lapas tersebut sebanyak 265, dengan rincian warga binaan perempuan 15 dan pria 250 orang. “Warga binaan ini ditargetkan mengkhatamkan Al Quran hingga akhir bulan suci ramadan. Bukan hanya itu, akan digelar pekan lomba islami, yakni lomba tilawatil quran, dan juga lomba azan antar warga binaan,”kata Kepala Lapas Kelas IIb Mattampa Bungoro, Ashari, Selasa 15 Mei 2018.

Ashari mengatakan, di Lapas ini tidak hanya sekedar dilakukan pembinaan secara mental dan pola fikir yang baik. Namun, nilai nilai keagamaan pun ditanamkan, yang merupakan pondasi dalam menjalani kehidupan ditengah masyarakat nantinya, dengan akhlak yang baik. Dengan, tujuan dapat meninggalkan kebiasaan buruk dan tindak kriminal yang pernah dilakukannya.

Maka dari itu, kata Ashari yang merupakan alumni Ponpes Darul Arqam Gombara Makassar, moment bulan ramadan kali ini dapat dimanfaatkan lebih baik, baik bagi dirinya sendiri maupun warga binaan lapas yang beragama islam, untuk mempermantap ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ditambahkan, bahwa saat ini pihaknya juga telah mengakomodir beberapa Warga binaan yang telah masuk dalam kategori untuk mendapat remisi lebaran nantinya. “Ini bagi warga binaan muslim, dan saat ini kita sudah memgusulkan nama-namanya dan mengirim datanya ke pusat, untuk kemudian di SK-kan oleh pusat,”tambahnya. (awi)

Sumber : http://parepos.fajar.co.id/2018/05/lapas-pangkep-programkan-khatam-al-quran-di-ramadan


Cetak   E-mail