2.343 WBP Kanwil SulSel Menerima Remisi Memperingati HUT RI ke-69

Makassar(18/08/2014). Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan melaksanakan upacara pemberian remisi umum bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP)sebanyak 2.343 warga binaan pemasyarakatan yang teresebar di sembilan lembaga pemasyarakatan (lapas) se-Sulsel  memperoleh pengurangan masa hukuman (remisi) yang merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 69.

 remisi69

Remisi yang diterima WBP diberikan berdasarkan putusan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulsel atas nama Menteri Hukum dan HAM RI. Setiap napi menerima remisi bervariasi antara satu hingga delapan bulan dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, F Haru Tamtomo mengatakan, jumlah WBP, baik lapas maupun rutan sampai dengan 17 Agustus mencapai 5.447 orang. Dengan rincian napi pria sebanyak 2834 orang, napi wanita (177 orang), tahanan pria (2.267 orang), dan tahanan wanita sebanyak 169 orang.

remisi691

Lebih jauh dikatakan bahwa WBP yang  mendapatkan remisi umum sebanyak 2343 orang terdiri dari yang mendapatkan remisi  delapan  bulan sebanyak sembilan orang, yang mendapat remisi enam bulan 20 hari (enam orang), remisi enam bulan (49 orang), remisi lima bulan 10 hari (satu orang), remisi lima bulan (151 orang), remisi empat bulan (222 orang), remisi tiga bulan (563 orang), remisi dua bulan (545 orang), dan remisi sebulan sebanyak 797 orang.

remisi692

Sementara itu lebih lanjut Haru tamtomo mengatakan, untuk narapidana dalam kasus tindak pidana korupsi dan narkotika saat ini telah diusulkan sebanyak 253 orang untuk mendapatkan remisi dan sedang menunggu keputusan Menteri Hukum dan HAM RI.

remisi693

Di tempat yang sama, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo berharap masyarakat bisa terlibat dalam pencegahan pelanggaran hukum agar rutan dan lapas tidak bertambah penghuninya. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani masa pidana karena remisi diberikan hanya pada WBP yang berkelakuan baik.(humas)