. AIDIR AMIN DAUD MEMBUKA RAKOR MAJELIS PENGAWAS NOTARIS SE SULAWESI SELATAN

Makassar(09/12/2016). Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rakor Majelis Pengawas Notaris se Sulawesi Selatan. Acara yang digelar mulai Jumat (9/12) bertempat di Four Points Hotel Makassar.

rakornotaris

 

Dalam Laporannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sahabuddin Kilkoda menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggungjawab Negara dalam meningkatkan pengawasan terhadap jabatan Notaris.

 rakornotaris1

Rakor yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk mewujudkan optimalisasi pengawasan dan pembinaan terhadap notaris di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka pelayanan dan penegakkan hukum PASTI nyata.

rakornotaris3 

“Tugas kita sebagai pengawas notaris lumayan berat karena kita harus menghukum atau membela notaris. Tidak penting apakah kita menghukum atau membela notaris tetapi penting bagi kita adalah bekerja sesuai dengan aturan yang ada,tegas Dr. Aidir Amin Daud dalam sambutan pembukaan.

rakornotaris2

Lebih lanjut Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM R.I tersebut menyampaikan bahwa fasilitas yang diperoleh tim pengawas tidak sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya tetapi untuk harkat dan martabat notaris di Indonesia kita Pengawas perlu tetap harus bekerja. ‘Saya berharap majelis ini setiap saat selalu mengingatkan kepada notaris kalau kita bekerja dengan baik tentu tidak perlu notaris berhadapan dengan hukum”.

Kegiatan dengan tema ‘Optimalisasi Pengawasan dan Pembinaan Notaris dalam rangka Pelayanan dan Penegakkan Hukum pasti Nyata’ tersebut dilaksanakan dengan pembekalan materi oleh narasumber kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tingkat komisi untuk memberikan masukan dan rekomendasi terkait permasalahan dan solusi yang diharapkan dalam rangka pembinaan notaris.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wialayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sahabuddin Kilkoda bersama dengan Para Kepala Divisi, Para Pejabat Pengawas dan Kalapas Kelas I Makassar, serta diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN), Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN), Majelis Kehormatan Wilayah Notaris (MKWN) serta Pengurus Wilayah dan Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) se Sulawesi Selatan ini menghadirkan narasumber dari Majelis Pengawas Pusat Notaris, Akademisi Universitas Hasanudin dan dari Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. (pwe/Humas).