WBP RUTAN SELAYAR IKUTI SOSIALISASI DAN PENDATAAN ULANG OLEH KPUD KEP. SELAYAR

Selayar(13/10/2015).  Bertempat di aula Rutan Klas IIB Selayar, Panitia Komisi Pemilihan Umum Daerah Kab. Kep. Selayar melaksanakan kegiatan Sosialisasi dalam Rangka Pelaksanaan Pemungutan Suara dalam Pilkada yang akan dilaksanakan Desember mendatang.

WBP Rutan Selayar Ikuti Sosialisasi dan Pendataan ulang oleh KPUD Kep. Selayar1310

Dalam setiap kegiatan pemungutan suara, baik Pemilu maupun Pilkada, Rutan Klas IIB Selayar selalu menjadi salah satu Posko Pemungutan Suara. Rutan Klas IIB Selayar menjadi TPS khusus bagi warga binaan yang memiliki hak pilih untuk memberikan suaranya dalam Pilkada.

“Rutan Selayar ini merupakan tempat tinggal sementara bagi sebagian warga Selayar yang sedang menjalani pembinaan, namun mereka tetap memiliki hak untuk memberikan suaranya,” komentar Amiruddin, S.Ag, selaku ketua panitia TPS Rutan Selayar.

Selain melaksanakan kegiatan sosialisasi, tim panitia KPUD Kab. Kep. Selayar tersebut juga melakukan pendataan ulang peserta pilkada. “Pastinya ada perubahan data dari data tahun lalu, oleh karena itu kami perlu melakukan pendataan ulang di Rutan Selayar ini,” ujar salah satu panitia KPPS.

Kegiatan pendataan ulang tersebut dianggap sangat perlu dilakukan mengingat tahanan dan narapidana yang keluar masuk di Rutan Selayar setiap waktu mengalami perubahan. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya pemilih ganda. “Seringkali ada yang telah didaftar di TPS domisili/alamat yang bersangkutan pada saat di luar rutan, di dalam rutan didaftar lagi,” sambung anggota KPPS yang lain.

Kegiatan sosialisasi pilkada ini sangat penting dilakukan, mengingat banyak warga binaan, khususnya yang berasal dari pulau-pulau kecil yang pada umumnya butahuruf. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk mendapatkan penjelasan yang lebih banyak agar mereka dapat memahami secara lebih jelas lagi tentang pemilu/pilkada. Diharapkan setelah mendapatkan penjelasan lebih luas, mereka dapat mempergunakan hak pilih mereka dengan sebaik-baiknya.(Humas/A. Rahmah)