Kanwil Kemenkumham Sulsel Buka Layanan Disabilitas Bagi Pendaftar CPNS

Makassar. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini telah membuka layanan bagi pendaftar CPNS disabilitas.

Pada hari pertama tahapan pengukuran tinggi badan, verifikasi berkas asli dan pengambilan kartu ujian, senin(22/10/2018). Kanwil Kemenkumham menempatkan layanan disabilitas di salah satu lokasi tersebut.

Layanan disabilitas ini dibuka untuk memudahkan para penyandang disabilitas yang mendaftar agar mendapatkan kemudahan dalam proses pengukuran tinggi badan, verifikasi berkas asli dan pengambilan kartu ujian dengan menempatkan personil yang khusus menangani penyandang disabilitas. Panitia memastikan bahwa bantuan yang diberikan sebatas pada mempercepat proses bagi mereka dengan menempatkan petugas khusus.

“Jadi telah disiapkan petugas khusus sehingga mereka tidak perlu mengantri lama bersama dengan para pendaftar yang lainnya,” ujar Kepala Divisi Administrasi, Abd. Rahman yang juga sebagai ketua panitia.

Layanan ini diberikan panitia tahun ini, mengingat  Kementerian Hukum dan HAM membuka formasi CPNS bagi penyandang disabilitas untuk ikut berkompetisi.

Sampai dengan saat ini, telah terdapat 4 orang penyandang disabilitas yang telah dilayani oleh petugas yang khusus disiapkan bagi mereka.

Adi Aksa, salah seorang pendaftar disabilitas mengapresiasi langkah panitia Kanwil Kemenkumham Sulsel yang membuka layanan khusus bagi penyandang disabilitas.

Ketentuan tentang formasi pendaftar disabilitas dan ketentuannya diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Permenpan) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018.(Humas)


Cetak   E-mail