Peringati HUT RI, Peserta Upacara Kanwil Kemenkumham Sulsel Berpakaian Adat

Makassar. 17 Agustus 1945, tepatnya 73 tahun lalu, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya, sampai dengan saat ini, setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia selalu melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tak terkecuali Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan yang melaksanakan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di di Lapangan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar, Jumat (17/8), berjalan khidmat dan lancar.

“Semua persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 telah disiapkan beberapa hari sebelumnya sehingga pelaksaan upacara hari ini dapat berjalan lancar dan khdmat,” terang Kakanwil Sulsel seusai upacara bendera .

“Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) juga sangat siap melaksanakan tugasnya," lanjut kakanwil

Sementara itu pada pelaksanaan upacara bertindak sebagai komandan upacara, Mutzaini dan Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Imam Suyudi bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dalam sambutannya menekankan pada bagaimana menjaga kemajemukan menjadi kekuatan sehingga Indonesia dapat tetap dalam suasana yang kondusif seperti sekarang ini sesuai dengan tema yang ada”Kerja kita, Prestasi bangsa”

Melalui peringatan hari proklamasi ini kakanwil juga mengajak seluruh hadirin untuk dapat memberikan bukti kepada masyarakat melalui peran strategis tugas dan fungsi dibidang hukum dan HAM secara “PASTI” dan senantiasa menjunjung tinggi nilai integritas dalam menjalankan tugas.

Ia juga menyampaikan bahwa tugas dan peran strategis Kementerian Hukum dan HAM dalam mengisi pembangunan di Indonesia tidaklah ringan, namun juga tidak akan menjadi “berat” jika laksanakan dan kerjakan dengan bergotong royong. Untuk itu, Kakanwil mengajak seluruh hadirin agar dapat menumbuhkan “Sense of belonging” terhadap Indonesia. Jajaran Kementerian Hukum dan HAM harus mampu menjadi pelopor bukan pengekor, mari bekerja giat tanpa menghujat, berkarya tanpa mencela, dan berprestasi tiada henti.

Tak lupa pula kakanwil mengucapakan selamat kepada seluruh narapidana dan anak yang hari ini mendapatkan remisi khsusunya juga yang bebas, diman pada tahun ini presiden memberikan remisi kepada 102.976 orang narapidan dan langsung bebas sebanyak 2.200 orang.

Peserta upacara berasal dari perwakilan Unit Pelaksana Teknis jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel yang ada di kota Makassar dan sekitarnya dengan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Selatan. (Humas)


Cetak   E-mail